Popular Post

Posted by : Ayasaki Rem Aug 24, 2013

1. Terangkan artinya istilah muatan
    berikut ini :
    a. OPTIONAL CARGO
    b. DELICATE CARGO
    c. HEAVY LIFT CARGO
   Jawab :
    a. Optional Cargo adalah :  Muatan yg memiliki lebih dari satu  pelabuhan bongkar & menunggu
        keputusan   shipper.
    b. Delicate Cargo adalah : Muatan yg  peka terhadap bau2an.                                        
    c. Heavy Lift Cargo adalah :
        Muatan yg beratnya melebihi kemempuan daya angkat
        Boom kapal.
    d. Long hatch adalah keterlambatan muat  bongkar ,karena terlambat di salah satu  palka

2.  a. Apa yg dimaksud TEU pada
        pemuatan kontainer
    b. Jelaskan cara memberi nomor  pada
        kontainer
   Jawab :
    a. TEU ( Twenty Feet Equivalent Unit) adalah unit  padanan  peti kemas  ukuran 20 kaki.
    b.  Bay  adalah tanda nomor membujur mulai dr depan  ke blkg dgn catatan no ganjil untuk cont. 20 kaki,     genap untuk  cont. 40 kaki.  bay dihitung dari haluan  dilihat dari lambung kiri.

       Row adalah tanda nomor melintang dimulai dari tengah & dilihat dari arah belakang.
       kekanan – Row 01,03,05,07 dst
       kekiri – Row 02,04,06,08, dst
       Tier adalah tanda nomor tegak dimulai dgn angka2
       On deck – Tier 82,84,86 dst
       On hold – Tier 02,04,06 dst  



3.  a. Terangkan apa yg dimaksud ruang
         rugi (broken  Stowage).
    b. Sebutkan penyebab terjadinya over
        stowage.
    Jawab :
    a.  Broken stowage adalah prosentase  ruang palka  yg tidak dapat diisi oleh    muatan karena dari bentuk dan jenis  dari muatan tsb.
    b.  1. Tidak melaksanakan perencanaan
            muat yg baik
        2. Tidak adanya pengawasan pd waktu
            Pelaksanaan   Pemuatan.
        3. Penggunaan dunage yg yg tidak
            efisien.
        4. penggunaan ruang muat tdk
            disesuaikan dgn bentuk  Muatan.

4. 5 Prinsip pemuatan :
   1. Melindungi ABK & buruh.
    - agar mereka selamat dlm melaksanakan kegiatan dengan menggunakan alat keselamatan kerja secara benar.
   2. Melindungi kapal.
 -agar kapal tetap selamat selama muat bongkar maupun dalam pelayaran, misalnya menjaga   stabilitas kapal.
   3. Melindungi muatan.
    - Pada waktu muat, bongkar & selama dlm pelay   muatan hrs ditangani secara baik utk mencegah kerusakan muatan.
   4. Muat & bongkar scr cepat & sistematis
    - Adanya rencana pemuatan & bongkar (stowage plan) menggunakan ruang muat semaksimal mungkin.
   5. Penggunaan ruang muat semaksimal mungkin.
    - Dalam melakukan pemuatan hrs diusahakan agar semua Ruang terisi penuh oleh muatan/kpl dpt muat sampai max.


5.   a. Hatch List adalah sebuah daftar barang2 yg berada di dalam setiap palka.
      b. Bay plan adalah Bagan pemuatan
         container secara membujur, melintang & tegak.
      c. Faktor-faktor apakah yang untuk
          membuat stowage plan itu ?
        -Berat dan jenis muatan
        -Pelabuhan bongkar ntuk masing-masing muatan,serta pelabuhan muat
        -Bentuk muatan dan jumlahnya.
     d. Stowage plan adalah suatu bagan kpl. dimana muatan ditempatkan,
         dilengkapi data tujuan, jumlah, berat muatan serta pelabuhan muatnya
         masing2.
     e. Tentative stowage plan adalah rencana awal pemuatan yg
         sifatnya apabila terjadi perubahan muatan masih bisa
         dilakukan.
     f . Final stowage plan adalah rencana
         pemuatan akhir


6.  a. Keuntungan & kerugian Peti Kemas
        Keuntungan :
        -  Muat bongkar dapat dilakukan  dgn  
            Cepat
       -  Kerusakan barang-barang yang diangkut dapat ditekan sekecil mungkin
       -  Kehilangan(pencurian) dapat ditekan sekecil mengkin.
       -  Pengawasan barang(control)baik ole pemilik barang (owner),
           pengirim barang (shipper),maupun penerima barang (consignee) lebih mudah.
   
        Kerugian :
        - Pengoperasian lebih mahal
        - Harus ditangani tenaga ahli (profesional)
        - Memerlukan penanganan khusus

    b. Syarat Container menurut ISO :
      -  mengenai ukuran2 & berat bruto suatu    container, meliputi code, tinggi, lebar,
         panjang & berat max container bserta cargo.
      - Mengenai sarana pengangkutan nya dgn metode kunci putar (twist lock) yg dipasangkan
        pada sudut2nya untuk kepentingan mengangkat.
      - mengenai pemberian merkah2nya meliputi nomer kode, nomor seri , tanda pemilik, berat
        max pada tempat tertentu yg mudah dikenal.
      - Container hrs dpt disusun sebanyak 6 susun dlm keadaan full load tanpa perubahan2 berarti.

   FCL/FCL (Full Container Load)
   Adalah : container yang berisi muatan milik satu shipper

   LCL/LCL (Less than Container Load)
   Adalah : container yang berisi muatan milik beberapa shipper

7.  9 class muatan berbahaya sesuai solas 1974
      1. Eksplosive (bahan peledak)
      2. Gas yg dimampatkan.
      3. Inflamable liquid (cairan yang mudah menyala)
Inflamable solid or substances (benda padat yg mudah menyala)
      4. Oxodixing substances (zat yg mengandung zat asam)
      5. Poisonous (toxic) substances ( zat yg beracun).
      6. Radio Aktif substances (zat radio aktif berbahaya).
Zat corrosive = zat bahan penyebab karat.
Semua zat yg berdasarkan pengalaman memiliki sifat berbahaya, misal :
         calcium, oxida, aluminium nitrad, pupuk organik.

   Maksud dari segregation table :
   Dengan memisahkan muatan dari Pelb. bongkar yg berbeda dng menggunakan jaring (net)
   yg tipis tetapi cukup kuat, sehingga jelas bagi yg membongkar akan terhenti pada
   waktu akan melampaui jaring pemisah tsb.


  Cara agar muat bongkar di kpl dpt dilaksanakan secara cepat & sistimatis :
  Sebelum kpl tiba di pelb. pertama di suatu Negara, hrs sdh tersedia rencana
  pemuatan & pembongka- ran (stowage plan), dicegah terja- dinya Long hatch,
  over stowage & over carriage.

8.Jenis muatan ditinjau dari sifat/mutunya
  1.Muatan basah
  2.Muatan bersih
  3.Muatan berbau
  4.Muatan kering
  5.Muatan berbahaya
  6.Muatan peka

  Yg dimaksud dng melindungi muatan dalam prinsip memuat : 
  Bahwa pihak kapal (carrier) bertanggung jawab keselamatan dan keutuhan
  muatan sejak muatan itu dimuat sampai muatan itu dibongkar.

9.Jelaskan bagaimana mengatur peranginan palka ini ?
  - Berikan ventilasi jika kelembaman udara didalam ruangan palka lebih besar
    dari kelembaman udara luar.
  - Berikan ventilasi jika titik embun udara didalam ruang palka lebih tinggi
    dari titi embun udara luar
  - Hindarkan ventilasi jika kelembaban udara diruang polka lebih kecil dari 
    kelembaban udara luar
  - Hindarkan ventilasi jika titik embun udara diruang palka lebih rendah dari
    titik embun udara luar

  a.Terangkan hubungan kelembapan udara palka (Relative humidity) dengan peranginan palka ?
    Bahwa air yang timbul didalalam ruang palka karena udara dalam ruang polka  
    sudah jenuh, yang ahirnya timbul kondensasi


10. Persyaratan umum jika muatan di deck :
    Hrs diperhitungkan kekuatan geladaknya (DLC).
    apabila muatan deck mudah rusak hrs diberi tutup tempat.
    Muatan hrs dilashing.
  
    Yg dimaksud dengan Load deck capacity adalah kemampuan suatu geladak utk 
    menahan beban yg ada diatasnya dinyatakan dalm ton/m3.

    Data load capacity tertera pada Blue print (buku biru) yg berisi semua
    data2 ukuran kapal yg di tetapkan oleh suatu Biri Klasifikasi
    Cara menghitung load capacity
            DLC =  H   ,  DLC = h
            1,4                sf
     H = Tinggi deck dlm meter.
     h = Tinggi max muatan dlm mtr.
     sf= Sf dalam m3/ton
    1,4= Sf standard

   Bahaya2 yg timbul pada muatan berbahaya klas 3 :
   -Bahaya kebakaran, karena muatan ini mudah terbakar pada suhu yg sangat rendah.
   -Uap mengandung racun sehingga membahayakan orang2 di sekelilingnya.
   -Bila dicampur dng muatan lain dpt merusak muatan itu sendiri & membahayakan kpl


11.Jenis penerapan tetap berikut penempatannya :
   *Bilah keringat dipasang pada gading2 kapal secara membujur
   *Rangka kayu dipasang menempel pada Ska dan dipasang secara melintang kapal 
    antara palkah dan Kamar mesin
   *Papan kayu dipasang secara membujur pada lantai palkah (Double Botton / Tank Top)
   *Rangka kayu dipasang menutupi pilar2, pipa dalam palkah

   Kegunaan dr Dunnage/terapan :
    *Sebagai pemisah antara muatan.
    *Sebagai pemisah antara dinding palka dng muatan.
    *Untuk membentuk terowongan aliran udara/ lebar antara tumpukan muatan.

   Keuntungan dan kerugian Deck Crane yang digunakan di kapal :
   Keuntungan :
   - Dengan 1  crane dapat menghibob, 
     mengayun / swing.
   - Mengarea beban  dgn satu org saja

  Kerugiannya :
  - Kecepatan dan kekuatan kecil
  - Membutuhkan ruangan yg lebar di deck

  Sebutkabn 3 macam jenis winch dilihat dari penggeraknya :
  1) Hydralis
  2) Uap
  3) Listrik

 Persiapan Palkah yg harus dilakukan untuk memuat muatan dingin 
  1.Isolasinya diperiksa dan apabila ada yg kendor diperbaiki
  2.Papan2 dan boyo2 dan mulut palkah dan ventilasi dari ruang isolasinya diperiksa,
    dan bila ada yang rusak diperbaiki.
  3.Skaper (tutup lobang) dipasang dan semua pipa yg menuju ke ruangan dingin harus 
    ditutup untuk menjaga agar tidak ada udara yg masuk.
  4.Bocoran2 harus diperiksa
  5.Palka beserta gotnya dibersihkan seluruhnya.
  6.Alat pendingin dibersihkan lalu diisi lagi kemudian ditest

 Persiapan yang dilakukan untuk menerima muatan Container :
   Menyiapkan By Plan
   Peralatan lasing yang digunakan
   Bila ada muatan yg berbahaya jauhkan dari Cabin.
.
12.Persiapan tanki deep tank sebelum memuat PALM OIL :
    Tanki hrs bersih.
    Mesin pemanas (heater) hrs dlm kondisi bagus & siap pakai.
    Hrs ada sertifikat kelayakan tanki yg dikeluarkan oleh surveyor.

   Cara membersihkan tangki :
    1. Disemprot dgn air laut lalu disemprot dgn a.tawar yg sdh dipanasi dgn uap panas.
    2. Sisa2 air dikumpulkan pada drum2 kosong (dibuang di tgh laut bebas sesuai ISM code) 
    3. Tangki dilap kering pakai majun

    Cara mengetest Tanki :
    Man hole dibuka dimasukkan alat pipa / pompa tekan untuk mengetahui kedap minyak / bocor

13.Apa kegunaan peranginan di atas kapal, sebutkan !
    Mengalirkan udara bersih/kering ke dalam ruang palka
    Mengeluarkan udara lembab, kotor, panas, bau, gas dlsb dari ruang palka
   
  b. macam  peranginan yang    
     biasa digunakan, sebutkan !
     ada 2 macam yaitu sistem  
     alam dan sistem buatan.

  c.jenis peranginan yang anda ketahui!
    Dengan meletakkan corong korsel kedua duanya ke bawah angin 
    jadi ruangan tetap dingin karena panasnya diambil. Cara peranginan alam ini 
    tergantung pada udara luar.



14. Tindakan yg harus dilakukan pada saat pemuatan minyak :
    1. Kordinasi antara pihak darat dg pihak kpl
    2. Saat minyak jatuh ke tangki catat jam berapa, trim kpl, list (kemiringan) kpl dan draft kpl.
    3. Semua jam2 istirahat pengisian ditulis jam, trim, list , draft dan jam mulai lagi.
    4. Setelah selesai memuat, jam, trim, list, draft, Ullage, Bj, suhunya berapa ditulis.
    5. Tangki ditutup dgn baik, gunakan paking yg baru dan cek jgn sampai ada skrup2 yg kendor.
    6. Dgn dasar Ullage, Bj dan suhu di hitung muatan yg dimuat.

  Perawatan minyak selama pely :
   1. Minyak selalu dipanasi (supaya tdk terjadi pembekuan) sampai suhu tertentu.
   2. Koordinasi terhadap pelabuhan bongkar tentang berapa suhu pembongkaran minyak yg dikehendaki.
   3. Panasi minyak sesuai dgn suhu pembongkaran. 
   4. Selama pelayaran suhu minyak selalu diukur pagi dan sore dicatat pada buku khusus.(buku nanti akan    diminta oleh pemilik barang)

15.Yg dimaksud dgn to protect the ship adalah melindungi kpl agar kpl tetap selamat dlm melaksana-kan kegiatan selama muat, bongkar, maupun dlm pelayaran misalnya membahayakan kapal, tdk memuat melebihi daya muat/ memuat muatan yg membahayakan kpl ataupun memuat yg tdk sesuai dng jenis kapalnya.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © The Thing That I Want To Share For You - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -